Inflasi Bulan April 2011
· Pada bulan April 2011 terjadi deflasi sebesar 0,22% di Kota Surabaya. Secara kumulatif bulan Januari-April 2011 di Kota Surabaya inflasi sebesar 1,02% dan secara year-on-year bulan April 2011 dibanding bulan April 2010 Kota Surabaya inflasi sebesar 7,59%.
· Deflasi yang terjadi pada bulan April disebabkan oleh adanya deflasi di kelompok bahan makanan sedangkan kelompok barang/jasa lainnya mengalami inflasi.
· Komoditas yang mendorong deflasi adalah cabe rawit, bawang merah, telur ayam ras, bandeng, daging ayam ras, jagung muda, beras, cabe merah, gula pasir dan minyak goreng.
· Penurunan harga beras disebabkan panen bulan Februari dan Maret lalu dan diprediksi berakhir April 2011.
· Penurunan gula pasir diduga terkait dengan akan dimulainya musim giling pada bulan Mei 2011.
· Turunnya harga minyak goreng diduga karena turunnya harga CPO di pasaran internasional.
· Deflasi sebesar 0,22% disumbang oleh kelompok bahan makanan sebesar -0,45%, kelompok makanan jadi, minuman & rokok sebesar 0,04, kelompok perumahan sebesar 0,05%, kelompok sandang 0,07%, kelompok kesehatan sebesar 0,05%, kelompok pendidikan, rekreasi & olahraga 0,00% dan kelompok transportasi, komunikasi & jasa keuangan sebesar 0,02%.
· Pada kelompok Kesehatan inflasi sebesar 0,96% didorong oleh inflasi pada subkelompok perawatan jasmani & kosmetik sebesar 2,28%, inflasi subkelompok obat-obatan sebesar 0,43%, sedangkan subkelompok jasa kesehatan dan subkelompok jasa perawatan jasmani masing-masing inflasi sebesar 0,00%.
Perkembangan Harga Komoditi Bahan Pokok Bulan Maret 2011
· Dari pantauan harga di pasar, harga komoditi bulan Maret 2011 dibanding bulan Februari 2011 yang mengalami kenaikan antara lain : daging yama kampung besar (naik 10,06%), cabe merah besar (18,05%), tomat (131,15%), sawi hijau (84,68%), dan komoditi lainya seperti pada tabel.
· Harga komoditi bulan Maret 2011 dibanding bulan Februari 2011 yang mengalami penurunan antara lain : cabe merah kecil/rawit (turun 49,33%), bawang merah lokal (turun 17,44%), kentang (turun 14,55%), wortel (turun 17,4%), dan komoditi lain seperti pada tabel.
Lampiran
v Inflasi
Tabel 1. IHK dan Tingkat Inflasi Surabaya, Jawa Timur dan Nasional Bulan April 2011
| Surabaya | Jawa Timur | Nasional |
IHK | 124,79 | 125,54 | 125,66 |
Inflasi Bulan April (%) | -0,22 | -0,44 | -0,31 |
Inflasi Kumulatif Januari-April (%) | 1,02 | 0,54 | 0,39 |
Inflasi year on year (April 2011-April 2010) (%) | 7,59 | 6,63 | 6,16 |
Tabel 2. Inflasi 10 Kota di Jatim Bulan April 2011
Kota | Inflasi April | Inflasi kumulatif (Jan-April) | Inflasi y-o-y (Apr 2011-Apr 2010) |
Jember | -0,77% | 0,02% | 6,75% |
Tulungagung | -0,84% | 0,27% | 5,41% |
Banyuwangi | -0,93% | -0,11% | 5,77% |
Tuban | -0,68% | 0,50% | 5,76% |
Sumenep | -0,48% | -0,38% | 5,70% |
Kediri | -0,31% | -0,46% | 5,37% |
Malang | -0,42% | 0,30% | 5,82% |
Probolinggo | -0,33% | 0,86% | 6,80% |
Madiun | -0,62% | 0,17% | 5,60% |
Surabaya | -0,22% | 1,02% | 7,59% |
Tabel 3. Inflasi Ibukota Propinsi di Pulau Jawa Bulan April 2011
Kota | Inflasi April | Inflasi y-o-y (Apr 2011-Apr 2010) |
Jakarta | 0,07% | 5,79% |
Serang | -0,46% | 4,91% |
Bandung | -0,02% | 3,76% |
Semarang | -0,54% | 5,46% |
Yogyakarta | -0,28% | 6,96% |
Surabaya | -0,22% | 7,59% |
Tabel 4. Inflasi Kelompok Barang dan Jasa Bulan April 2011 di Surabaya
Kelompok dan Sub Kelompok Jenis Barang/Jasa | Inflasi April ( | Sumbangan thdp inflasi April (%) |
000 UMUM | -0,22 | -0,22 |
100 BAHAN MAKANAN | -2,12 | -0,4484 |
101 Padi-2an, umbi-2an & hsl-nya | -0,49 | -0,0231 |
102 Daging & hasilnya | -1,45 | -0,0395 |
103 Ikan Segar | -0,02 | -0,0003 |
104 Ikan Diawetkan | 1,53 | 0,0105 |
105 Telur, Susu dan hsl-nya | -2,28 | -0,0490 |
106 Sayur-2an | 1,38 | 0,0206 |
107 Kacang-2an | 0,05 | 0,0007 |
108 Buah-2an | 0,51 | 0,0108 |
109 Bumbu-2an | -15,13 | -0,3549 |
110 Lemak dan Minyak | -1,71 | -0,0240 |
111 Bahan makanan lainnya | -0,14 | -0,0002 |
200 MAK. JADI, MIN., ROKOK | 0,21 | 0,0365 |
201 Makanan Jadi | 0,02 | 0,0030 |
202 Minuman yang tdk beralkohol | -0,37 | -0,0124 |
203 Tembakau dan Min.beralkohol | 1,43 | 0,0459 |
300 PERUMAHAN | 0,25 | 0,0534 |
301 Biaya tempat tinggal | 0,34 | 0,0357 |
302 Bhn bakar, penerangan & air | 0,00 | 0,0000 |
303 Perlengkapan rumah tangga | -0,05 | -0,0008 |
304 Penyelenggaraan rumah tangga | 0,59 | 0,0185 |
400 SANDANG | 1,10 | -0,0747 |
401 Sandang laki-laki | 1,79 | 0,0236 |
402 Sandang wanita | 0,01 | 0,0001 |
403 Sandang anak-anak | 0,04 | 0,0004 |
404 Barang Pribadi & sandang lainnya | 1,56 | 0,0506 |
500 KESEHATAN | 0,96 | 0,0456 |
501 Jasa Kesehatan | 0,00 | 0,0000 |
502 Obat-obatan | 0,43 | 0,0040 |
503 Jasa Perawatan Jasmani | 0,00 | 0,0000 |
504 Perawatan Jasmani & Kosmetik | 2,28 | 0,0416 |
600 PEND. REKREASI & O.R. | 0,00 | 0,0002 |
601 Jasa Pendidikan | 0,00 | 0,0000 |
602 Kursus-Kursus/Pelatihan | 0,00 | 0,0000 |
603 Perlengkapan/Peralatan Pend. | 0,00 | 0,0000 |
604 Rekreasi | 0,01 | 0,0002 |
605 Olahraga | 0,00 | 0,0000 |
700 TRANS, KOM & JASA KEU. | 0,12 | 0,0216 |
701 Transport | 0,18 | 0,0216 |
702 Komunikasi dan Pengiriman | 0,00 | 0,0000 |
703 sarana & Penunjang Transport | 0,00 | 0,0000 |
704 Jasa Keuangan | 0,00 | 0,00 |
Tabel 5. Sepuluh Komoditi Penyumbang Terbesar Terhadap Inflasi dan Deflasi
Bulan April 2011 di Surabaya
Komoditi Penyumbang Inflasi | Komoditi Penyumbang Deflasi | ||||
Jenis Komoditi | Perubahan Harga | Sumbangan thdp inflasi | Jenis Komoditi | Perubahan Harga | Sumbangan thdp inflasi |
Emas Perhiasan | 1,71% | 0,05% | Cabe Rawit | -41,65% | -0,24% |
Rokok Kretek | 4,47% | 0,04% | Bawang Merah | -20,38% | -0,09% |
Sewa Rumah | 0,88% | 0,02% | Telur Ayam Ras | -7,50% | -0,06% |
Udang Basah | 7,21% | 0,02% | Bandeng | -5,64% | -0,03% |
Celana Panjang Jeans | 9,54% | 0,02% | Daging Ayam Ras | -2,64% | -0,02% |
Ketimun | 19,99% | 0,02% | Jagung Muda | -12,06% | -0,02% |
Tomat Sayur | 23,50% | 0,02% | Beras | -0,56% | -0,56% |
Sabun Mandi | 5,72% | 0,01% | Cabe Merah | -12,21% | -12,21% |
Sepeda Motor | 0,45% | 0,01% | Gula Pasir | -1,48% | -0,01% |
Bayam | 8,77% | 0,01% | Minyak Goreng | -1,33% | -0,01% |
Sumber: Berita Resmi Statistik, BPS Jatim Bulan Mei 2011, diolah
v Perkembangan Harga Komoditi Bahan Pokok
Tabel. Perkembangan Harga Rata-Rata Komoditi Pada Bulan Maret 2011 Terhadap Harga Rata-Rata Bulan Februari 2011 dan Maret 2010
BERAS | SATUAN | JANUARI 2011 | FEBRUARI 2011 | MARET 2011 | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
MENTIK | Kg | 8.833 | 8.461 | 8.528 | 21% | 0,79% |
IR 64 Kw II | Kg | 7.167 | 7.027 | 7.052 | 11% | 0,36% |
IR 64 Kw III | Kg | 6.550 | 6.438 | 6.465 | - | 0,41% |
BERAS KETAN | Kg | 12.833 | 12.396 | 12.060 | - | -2,71% |
GULA PASIR | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
LOKAL KEMASAN (GULAKU) | Kg | 11.875 | 11.829 | 11.692 | -14,43% | -1,16% |
LOKAL TANPA KEMASAN (PUTIH) | Kg | 10.442 | 10.256 | 10.381 | -11,98% | 1,22% |
GULA JAWA | Kg | 9.833 | 9.538 | 9.521 | - | -0,18% |
MINYAK GORENG | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
BIMOLI (BOTOL) | Kg | 11.708 | 12.198 | 11.660 | 0,15% | -4,41% |
MINYAK CURAH | Lt | 11.233 | 11.113 | 10.810 | 22,79% | -2,72% |
MENTEGA | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
MENTEGA BLUE BAND | 250 Gram | 7.000 | 6.583 | 6.990 | -1,32% | 6,18% |
MENTEGA CURAH AMANDA | Kg | 9.333 | 9.067 | 9.208 | -9,46% | 1,56% |
DAGING SAPI | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
GREET ATAS | Kg | 63.167 | 61.854 | 62.542 | 2,23% | 1,11% |
GREET BAWAH | Kg | 58.083 | 57.667 | 57.250 | 4,39% | -0,72% |
DAGING AYAM | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
AYAM BROILER | Kg | 21.333 | 20.813 | 22.177 | 10,29% | 6,55% |
AYAM KAMPUNG KECIL | Ekor | 35.000 | 31.438 | 30.646 | -3,48% | -2,52% |
AYAM KAMPUNG BESAR | Ekor | 60.833 | 48.021 | 52.854 | 9,16% | 10,06% |
TELUR AYAM | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
AYAM BROILER | Kg | 13.042 | 13.115 | 13.615 | 17,30% | 3,81% |
AYAM KAMPUNG | Butir | 1.258 | 1.250 | 1.236 | -0,37% | -1,08% |
SUSU | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
SUSU KENTAL MANIS BENDERA | 397 gr/Kl | 8.083 | 8.250 | 8.000 | 1,28% | -3,03% |
SUSU KENTAL MANIS INDOMILK | 390 gr/Kl | 7.500 | 7.746 | 7.541 | 2,05% | -2,65% |
SUSU BUBUK BENDERA | 400 gr/Dos | 26.333 | 26.521 | 26.073 | 2,11% | -1,69% |
SUSU BUBUK DANCOW | 400 gr/Dos | 26.500 | 26.188 | 26.042 | 0,84% | -0,56% |
SABUN CUCI | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
RINSO | Kg | 11.742 | 12.165 | 11.640 | -2,79% | -4,32% |
DETERGEN EKONOMI | 225 Gr | 1.583 | 1.817 | 1.629 | 9,34% | -10,34% |
JAGUNG | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
PIPILAN KECIL | Kg | 5.042 | 5.000 | 5.177 | 19,76% | 3,54% |
PIPILAN BESAR | Kg | 4.192 | 4.031 | 4.244 | 12,63% | 5,28% |
GARAM BERYODIUM | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
HALUS (CAP KAPAL) | Gr/Bungkus | 925 | 844 | 766 | 16,00% | -9,29% |
BATA (CAP KUDA) | Buah | 242 | 231 | 242 | 6,93% | 4,62% |
KACANG KEDELE | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
IMPOR | Kg | 7.083 | 7.146 | 6.813 | -6,23% | -4,67% |
LOKAL | Kg | 7.583 | 7.406 | 7.208 | 3,79% | -2,67% |
CABE MERAH | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
BESAR | Kg | 35.417 | 23.729 | 28.013 | 146,16% | 18,05% |
KECIL (RAWIT) | Kg | 79.167 | 89.875 | 45.542 | 220,99% | -49,33% |
BAWANG PUTIH | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
KATING | Kg | 20.250 | 20.729 | 21.323 | 57,74% | 2,87% |
SINCO | Kg | 18.917 | 18.750 | 19.563 | 51,81% | 4,33% |
KOMODITI | SATUAN | JANUARI | FEBRUARI | MARET | % thdp Mar 2010 | % thdp Feb 2011 |
TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU | Kg | 7.125 | 6.813 | 6.800 | -9,98% | -0,19% |
IKAN ASIN TERI KECIL (BUKAN MEDAN) | Kg | 48.333 | 42.917 | 45.146 | 7,92% | 5,19% |
MIE INSTAN INDOMIE GORENG | Bungkus | 1.367 | 1.427 | 1.375 | 11,61% | -3,64% |
MINYAK TANAH | Liter | 7.375 | 7.813 | 7.375 | 8,41% | -5,61% |
GAS LPG 3 KG | per Tabung | 13.250 | 13.300 | 13.200 | 0,84% | -0,75% |
BAWANG MERAH LOKAL | Kg | 18.667 | 20.729 | 17.115 | 54,44% | -17,44% |
KACANG HIJAU | Kg | 15.750 | 16.438 | 14.865 | 14,40% | -9,57% |
KACANG TANAH | Kg | 15.833 | 15.750 | 15.094 | 15,95% | -4,17% |
KETELA POHON | Kg | 2.167 | 2.458 | 2.219 | 8,23% | -9,73% |
KUBIS/KOL | Kg | 5.875 | 3.979 | 3.985 | 21,54% | 0,16% |
KENTANG | Kg | 7.833 | 8.375 | 7.156 | 19,27% | -14,55% |
TOMAT | Kg | 7.750 | 3.844 | 8.885 | 13,06% | 131,15% |
WORTEL | Kg | 5.833 | 5.927 | 4.896 | 2,02% | -17,40% |
TERONG (PANJANG) | Kg | 5.708 | 4.969 | 5.198 | 84,78% | 4,61% |
KANGKUNG (PANJANG) | Ikat | 792 | 838 | 828 | 20,89% | -1,18% |
BAYAM | Ikat | 958 | 921 | 911 | 32,87% | -1,04% |
SAWI HIJAU | Ikat | 1.042 | 1.004 | 1.854 | 144,61% | 84,68% |
EMAS (70-80%) | Gram | 310.000 | 313.750 | 303.438 | 17,96% | -3,29% |
SEMEN GRESIK 40 KG | Zak | 44.500 | 44.875 | 45.000 | -7,69% | 0,28% |
Sumber: Laporan Monitoring dan Evaluasi Distribusi dan Ketersediaan Bahan Pokok Bulan Maret 2010, diolah
Berita Bank Indonesia Edisi Desember 2010
Topik: Bank Perkreditan Rakyat
· Landasan hukum BPR dalam UU No.7/1992 Tentang Perbankan yang diubah menjadi UU No.10/1998, BPR memang merupakan jenis bank yang kegiatan usahanya terutama ditujukan untuk melayani usaha-usaha kecil dan masyarakat di pedesaan.
· BPR mengemban misi untuk menunjang pertumbuhan dan perberdayaan ekonomi melalui penyediaan layanan jasa perbankan di pedesaan serta mengurangi praktek ijon para pelepas uang.BPR tidak hanya memberi layanan kredit saja tetapi juga memberi alternatif kepada masyarakat untuk menyimpan dananya dalam bentuk simpanan berupa tabungan dan deposito.
· Dalam konsep moneter, BPR bukan lembaga keuangan yang dapat menciptakan uang giral. Artinya BPR tidak boleh menerima simpanan masyarakat dalam bentuk giro dan tidak boleh ikut dalam lalu lintas sistem pembayaran
· Menurut catatan badan Pusat Statistik (BPS) sebagian besar populasi penduduk desa atau sebesar 56,5% dari total masyarakt Indonesia belumlah tersentuh sektor perbankan. Saat ini ada 51,3 juta unit UNK yang memberi sumbangsih terhadap GDP sebesar 42,1%. Dari 15 juta UMK berbadan hukum, sebagian besar atau 12 juta UMK belum tersentuh kucuran kredit perbankan.
· BI mempersyaratkan bagi calon pengurus BPR agar memiliki kompetensi standar yang dibuktikan dengan sertifikat kelulusan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LKM Certif. BI melakukan peningkatan kompetensi pengawas BPR melalui program pelatihan pengawas BPR, program sertifikasi pengawas bank (Banking School), forum sosialisasi, workshop, klinik hukum dan knowledge sharing.
· Saat ini ada 1.707 BPR dengan 3.558 jaringan kantor yang melayani pelaku usaha mikro di pedesaan, pinggiran kota dan perkotaan di seluruh Indonesia. Terdapat peningkatan jumlah kantor BPR yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kantor cabang 240,5% atau 48,1% rata-rata pertahun, total aset naik 116,5% atau 23,3% rata-rata pertahun, total kredit 127,1% atau 25,4% rata-rata pertahun dan dana pihak ketiga BPR naik 128,1% atau 25,6% rata-rata pertahun.
· Penetapan kisaran suku bunga kredit BPR akan sangat bergantung pada 3 (tiga) faktor utama yaitu :
1. Biaya dana (cost of fund), merupakan biaya bunga atas dana yang diterima oleh BPR dalam bentuk dana pihak ketiga (DPK) dan penempatan antarbank (simpanan dan pinjaman) serta pinjaman dari pihak lain non bank.
2. Biaya Operasional (overhead cost), merupakan biaya yang timbul dari transaksi dalam rangka penghimpunan dana dan penyaluran kredit BPR, antara lain biaya tenaga kerja, biaya pendidikan/pelatihan, biaya penelitian dan pengembangan, biaya sewa dan promosi serta biaya operasional lainnya.
3. Tingkat keuntungan (profit margin), merupakan tingkat keuntungan yang ditetapkan oleh BPR.
Sumber : Bank Indonesia
Berita Bank Indonesia Edisi Februari 2011
Topik : Inflation Targeting Framework (ITF)
· Salah satu pendekatan untuk meredam inflasi yaitu Inflation Targeting Framework (ITF). ITF dipilih menjadi kebijakan BI karena bank sentral ingin inflasi nasional menjadi rendah.
· ITF adalah prosedur yang mengatur bagaimana kebijakan moneter dirumuskan oleh bank sentral untuk menjaga inflasi menuju satu titik sasaran yaitu inflasi yang rendah dan stabil. Karena itu, bank sentral harus mempunyai sasaran inflasi yang ingin dicapai dan diumumkan ke publik dalam rangka menuntun ekspektasi publik.
· Sasaran inflasi juga artinya bahwa bank sentral memberikan komitmen kepada publik bahwa setiap kebijakan selalu mengacu pada target tersebut
· Undang-Undang No. 6 Tahun 2009 tentang BI menitip amanat agar bank sentral berupaya mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah yang terlihat dengan kasat mata publik dari stabilitas harga-harga barang dan jasa yang tercermin pada inflasi.
· BI memilih ITF karena cara ini memiliki mekanisme yang jelas, akuntable, transparan yang bermuara pada menguatnya kredibilitas kebijakan moneter.
· Bank sentral yang memilih ITF sebagai kerangka kebijakan moneternya harus independen dalam melaksanakan kebijakannya. Karena itu BI sudah menjadi institusi independen sejak disahkannya UU No. 23 Tahun 1999 Tentang BI. Maka keputusan yang diambil BI tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun serta BI tidak membiayai defisit anggaran pemerintah karena hal itu dikhawatirkan mendorong laju permintaan yang tak terkontrol.
· BI hanya bisa menjaga dan mempengaruhi sumber-sumber pemicu inflasi dari sisi permintaan (demand pull inflation) sedangkan dalam kenyataan ternyata pencetus inflasi lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor di sisi suplai dan distribusi (cost push inflation) serta penyesuaian harga komoditas strategis.
· Langkah awal dalam ITF adalah menentukan besaran proyeksi angka inflasi. Proses awal mengolah besaran proyeksi inflasi yaitu menetapkan asumsi-asumsi. Asumsi dibagi kedalam dua dua bagian besar yaitu asumsi eksternal dan internal.
· Asumsi eksternal misalnya proyeksi angka pertumbuhan ekonomi, gejolak harga minyak mentah, pergerakan harga komoditas pangan seperti gandum, beras, kedelai. Asumsi juga mempertimbangkan stance kebijakan moneter negara lain seperti inflasi dan suku bunga.
· Asumsi internal yaitu merujuk kebijakan fiskal pemerintah termasuk rencana kenaikan tarif yang diatur oleh pemerintah (listrik, ari dan telepon) maupun roadmap kebijakan energi kedepan seperti pembatasan BBM bersubsidi serta konversi minyak tanah. Juga mencermati pergerakan nilai tukar rupiah.
· Langkah selanjutnya adalah melakukan simulasi dengan memakai model – model ekonomi yang ada guna menghasilkan keluaran berupa angka inflasi dan angka Produk Domestik Bruto (PDB).
· Kebijakan moneter yang diambil BI memiliki time-lag, sehingga kebijakan moneter saat ini baru akan tercermin hasilnya antara 4-6 triwulan kedepan. Tingkat inflasi pada saat ini merupakan dampak dari kebijakan moneter yang diambil pada waktu 1-1,5 tahun sebelumnya.
· BI rate adalah instrumen utama pengendalian inflasi dalam kerangka ITF. Selain itu diperlukan bauran kebijakan untuk menjada stabilitas moneter dan memlihara stabilitas sistem keuangan sebagai cara untuk mencapai keseimbangan target inflasi dengan pertumbuhan ekonomi.
· Implementasi bauran kebijakan antara lain dengan pengaturan giro wajib minimum (GWM), penyesuaian periode SBI dan posisi saldo harian pinjaman luar negeri (PLN) bank jangka pendek.
TINJAUAN EKONOMI JAWA TIMUR TAHUN 2010
§ INFLASI
Perkembangan inflasi volatile food di Jatim berfluktuatif selama tahun 2010. Hal ini dipengaruhi oleh anomali musim dan cuaca yang sulit diprediksi. Disamping itu juga ada permasalahan struktural lainnya yang belum terselesaikan seperti jalur distribusi dan tata niaga yang belum efisien, struktur pasar dan mekanisme pembentukan harga. Hal ini turut mempengaruhi peningkatan ekspektasi inflsi di masyarakat.
TPID Jatim akan melakukan beberapa hal terkait pengendalian inflasi daerah kedepannya, antara lain:
- Peningkatan sharing informasi dan kelengkapan data terkait produksi bahan makanan/pertanian, jumlah konsumsi serta keterkaitan antar daerah baik di Jatim amupun diluar Jatim.
- Peningkatan koordinasi dan upaya memfasilitasi kerja sama antara daerah untuk saling memenuhi kebutuhan komoditas (bahan pangan).
- Mengusulkan peningkatan peran BULOG untuk memenuhi stok komoditas lainnya (disamping beras).
- Mencari dan mengkasji langkah antisipasi dampak anomali cuaca terhadap kualitas dan kuantitas produksi pertanian, seperti penyesuaian/perubahan pola tanam, pemanfaatan teknologi dan sharing informasi terkait stok antar daerah.
Beberapa faktor yang menjadi tantangan dalam rangka mencapai ketahan pangan di Jatim adalah :
Tantangan/Kendala | Upaya |
- Permasalahan struktural perekonomian yang belum terselesaikan - Kondisi geografis Indonesia yang merupakan wilayah kepulauan & belum sepenuhnya terintegrasi - Tingginya keterkaitan antar daerah dalam memenuhi kebutuhan barang - Struktur pasar yang terdistorsi dan mempengaruhi mekanisme pembentukan harga - Minimnya investasi di sektor pertanian - Anomali/perubahan musim/cuaca. - Keterbatasan pada ketersediaan data yang terintegrasi. - Alokasi dana pemerintah (APBN/APBD) untuk sektor pertanian yang masih minim. - Ekspektasi inflasi. | - Peningkatan pembiayaan dan kerjasama dengan investor untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur - Pembangunan sarana transportasi yang memdai dan pengembangan wilayah potensial - Pengembangan perdagangan antar wilayah, serta meminimalisasi dominasi monopoli pedagang besar. - Perlu disusun kebijakan untuk menghadapi dan meminimalisasi dampak anomali cuaca terhadap hasil produksi pertanian. - Peningkatan produktivitas dan kinerja sektor pertanian (lahan, proses produksi & pemasaran) melalui penyediaan pembiayaan, bantuan teknis produksi, dan pemasaran. |
Faktor-faktor pendorong dan penghambat inflasi tahun 2011 :
Faktor pendorong inflasi 2011 | Faktor penghambat inflasi tahun 2011 |
- Anomali musim/cuaca yang masih berlanjut - Gangguan distribusi (permasalahan infrastruktur dan bencana) - Penurunan produktivitas hasil pertanian - Ketergantungan dengan daerah lain - Potensi kenaikan harga komoditas internasional - Ekspektasi inflasi - Kebijakan pemerintah (administered prices) | - Nilai tukar rupiah yang terjaga - Upaya aktif pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi |
Sumber: Bank Indonesia
§ RENCANA KEBIJAKAN PEMBATASAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BERSUBSIDI
Pada tahun 2010, jumlah kendaraan bermotor di Jawa Timur (s/d Agustus0 mencapai 10,11 juta unit dengan proporsi 87% sepeda motor, 8,47% mobil penumpang, 4,02% mobil barang/truk, 0,51% mobil bus dan kendaraan khusus. Ketersediaan sarana infrastruktur sarana pengisian bahan bakar umum (SPBU) khususnya untuk bahan Bakar Khusus yang tersedia di jatim rata-rata mencapai 61%. Diharapkan saat kebijakan pembatasan penggunaan BBM subsidi mulai diberlakukan di Jatim, faktor ketersediaan infrastruktur tidak akan menjadi kendala.
Ketersediaan Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jawa Timur
No | Wilayah | Jumlah SPBU | SPBU BBK | Persen | No | Wilayah | Jumlah SPBU | SPBU BBK | Persen |
1 | Kota Mojokerto | 5 | 5 | 100% | 21 | Kab Kediri | 35 | 12 | 34% |
2 | Kota Batu | 5 | 5 | 100% | 22 | Kab Lamongan | 24 | 8 | 33% |
3 | Kota Malang | 19 | 18 | 95% | 23 | Kab Madiun | 15 | 5 | 33% |
4 | Kab Bangkalan | 9 | 8 | 89% | 24 | Kab Nganjuk | 21 | 7 | 33% |
5 | Kota Surabaya | 98 | 82 | 84% | 25 | Kota Kediri | 12 | 4 | 33% |
6 | Kab Sidoarjo | 64 | 48 | 75% | 26 | Kab Situbondo | 12 | 4 | 33% |
7 | Kota Blitar | 7 | 5 | 71% | 27 | Kab Bojonegoro | 16 | 5 | 31% |
8 | Kota Pasuruan | 3 | 2 | 67% | 28 | Kab Trenggalek | 10 | 3 | 30% |
9 | Kab Pasuruan | 38 | 22 | 58% | 29 | Kab Tulungagung | 27 | 8 | 30% |
10 | Kota Probolinggo | 7 | 4 | 57% | 30 | Kab Tuban | 18 | 5 | 28% |
11 | Kab Bondowoso | 7 | 4 | 57% | 31 | Kab Sampang | 8 | 2 | 25% |
12 | Kab Lumajang | 14 | 7 | 50% | 32 | Kab Sumenep | 8 | 2 | 25% |
13 | Kab Jombang | 29 | 14 | 48% | 33 | Kab Ngawi | 16 | 4 | 25% |
14 | Kab Pamekasan | 11 | 5 | 45% | 34 | Kota Madiun | 9 | 2 | 22% |
15 | Kota Jember | 33 | 15 | 45% | 35 | Kab Magetan | 18 | 4 | 22% |
16 | Kab Blitar | 23 | 10 | 43% | 36 | Kab Mojokerto | 32 | 6 | 19% |
17 | Kab Gresik | 35 | 15 | 43% | 37 | Kab Ponorogo | 22 | 2 | 9% |
18 | Kab Probolinggo | 14 | 6 | 43% | 38 | Kab Pacitan | 6 | 0 | 0% |
19 | Kab Malang | 49 | 19 | 39% | | | | | |
20 | Kab Banyuwangi | 37 | 13 | 35% | | Total | 507 | 307 | 61% |
Sumber: Pertamina UPMS V
§ DAMPAK ERUPSI GUNUNG BROMO
Gunung Bromo berada di wilayah Kab. Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Erupsi gunung Bromo yang terjadi sejak bulan Desember 2010 menyebabkan kerusakan dan kerugian di beberapa wilayah sekitar yang mencapai Rp. 148,23 miliar (berdasarkan hasil pendataan ITS Surabaya pada 26 Januari 2010). Yang meliputi lahan pertanian, hewan ternak, lumpuhnya kegiatan ekonomi dan pariwisata, serta kerusakan infrastruktur. Dampak sosial yang muncul akibat bencana tersebut berupa hilangnya mata pencaharian penduduk di sekitar Bromo yang selama ini bergantung pada sektor perhotelan/wisata dan sektor pertanian.
§ PERKEMBANGAN UPAH MINIMUM KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TIMUR
Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan mewajibkan Gubernur untuk menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) Provinsi. Regulasi Umk ditetapkan oleh Gubernur jawa Timur dan dituangkan dalam bentuk Peraturan Gubernur yang akan memberikan acuan mengenai besaran upah minimum pekerja pada 37 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. Ada peningkatan rata-rata UMK dikabupaten/kota di Jatim dari tahun 2008 s.d 2011 sebesar 37% yaitu dari Rp. 619.278 menjadi Rp. 845.934. nilai rata-rata UMK kota pada tahun 2008 sebesar Rp. 661.281, tahun 2009 sebesar Rp. 768.563, tahun 2010 sebesar Rp. 835.688, dan tahun 2010 sebesar Rp. 899.125.
Pada tahun 2010, kabupaten yang memiliki UMK dibawah rata-rata adalah Probolinggo, Bangkalan, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Ngawi, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Sumenep, dan Sampang. Kota dibawah rata-rata UMK adalah Mojokerto, Probolinggo, Blitar dan Madiun.
Pada tahun 2011, kabupaten yang memiliki UMK dibawah nilai rata-rata adalah Probolinggo, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Ngawi, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Sumenep dan Sampang. Sedangkan kota yang memiliki UMK dibawah rata-rata adalah Mojokerto, Probolinggo, Blitar dan Madiun.
Sumber : Bank Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar